Rabu, 27 Mei 2015

KONSEP MEMORANDUM LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS TAKMIR PERIODE 2012-2015



MEMORANDUM
LAPORAN
PERTANGGUNGJAWABAN



TAKMIR MASJID AN-NUR
TROPODO – WARU - SIDOARJO
PERIODE TAHUN 2012-2015













TROPODO ASRI BLOK F/37
WARU – SIDOARJO
TELP. (031) 8683892






BAB I


PENDAHULUAN


          Assalamu’alaikum Wr. Wb.

          Puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga Buku Memorandum Laporan Pertanggungjawaban  ini dapat tersusun meskipun dalam bentuk yang sederhana.

Maksud dan tujuan disusunnya buku ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban Takmir periode 2012-2015  tugas yang telah diamanahkan oleh jamaah khususnya Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR kepada kami yang sesuai rencana telah berakhir pada bulan Mei 2015 ini.

          Terima kasih kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan ridlo, barokah serta kesehatan baik jasmani maupun rohani kepada kami sehingga kami dapat menjalankan roda kepengurusan serta melaksanakan berbagai program kegiatan yang telah kami rencanakan dengan baik dan lancar.

          Seluruh jajaran Takmir Masjid AN-NUR telah berusaha dan berupaya semaksimal mungkin agar dapat menjalankan amanah yang dipercayakan kepada kami. Beragam kegiatan keagamaan telah kami programkan dan sudah kami laksanakan bersama-sama dengan Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR dan para jamaah. Kami juga menyadari bahwa sebagai manusia biasa tentunya kami jauh dari kesempurnaan sehingga dalam perjalanan terdapat beberapa kegiatan yang belum terlaksana dengan baik, oleh karena itu perkenankan dengan ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

          Sebagai manusia biasa dengan segala keterbatasan yang ada, tentunya kami tidak dapat menjalankan seluruh amanah yang dipercayakan kepada kami tersebut tanpa bantuan dan dukungan berbagai pihak. Dengan ini perkenankan pula kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.    Yth. Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR Tropodo
2.    Yth. Pimpinan, Staf dan para santri TPQ AN-NUR Tropodo
3.    Yth. Pengurus RW dan RT di sekitar Masjid AN-NUR Tropodo
4.    Yth. Jamaah Masjid AN-NUR Tropodo
5.    Yth. Masyarakat Tropodo dan sekitarnya.

Kami menyadari bahwa tanpa dukungan dan partisipasi mereka, seluruh program yang sudah kami susun, akan berjalan sia-sia dan tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Selanjutnya dalam Buku Memorandum ini, kami membagi pertanggungjawaban kami dalam beberapa bab dan lampiran yang terdiri dari :
·         BAB I                : Pendahuluan
·         BAB III              : Kepengurusan, Uraian Tugas dan Program Kegiatan
·         BAB IV              : Permasalahan dan Evaluasi
·         BAB V               : Penutup
·         Lampiran           : 1. Laporan Keuangan
                             2. SK Takmir Periode 2012-2015

Dengan penyusunan Buku Memorandum ini, kami harapkan berbagai pihak dapat mengetahui seluruh kegiatan yang telah kami laksanakan selama periode kepengurusan kami. Selanjutnya dapat memahami permasalahan yang timbul dan ikut serta memberikan evaluasi serta berkenan memberikan kritik dan saran yang nantinya bisa menjadi masukan yang bermanfaat, baik untuk kami maupun buat kepengurusan periode yang akan datang.

Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.   

       Tropodo,  Mei 2015
                                                           
        Ketua
                                               

                                                          H. MOCH.RIFAI’













BAB II

KEPENGURUSAN, URAIAN TUGAS
DAN PROGRAM KEGIATAN

A.    KEPENGURUSAN
Takmir Masjid AN-NUR  Periode 2012-2015 bertugas sesuai dengan Surat Keputusan Yayasan Masjid AN-NUR nomor : 003/SK. Takmir/YMA/05/2015 tanggal 24 Mei 2012, dengan Susunan sebagai berikut :
·         Ketua                     : H.M. Rifai
·         Wakil Ketua            : H.M. Nafi’
·         Sekretaris               : Yudi Basuki R
·         Bendahara              : Bambang Eko Rusdiono
·         Seksi-seksi :
a. Seksi Dakwah dan PHBI
1.Koordinator                     : M. Nurbawono
2.Wakil Bidang Dakwah       : H. Ardy Iswahyudi
3.Wakil Bidang PHBI            : Abdul Adhim
4.Anggota                          : H. Nur Khusaini
5.Anggota                          : H. Fajar Suryono
6.Anggota                          : H. Ruslan Abdul Gani

b. Seksi Sosial dan Umum
1.Koordinator                     : Kuslan Darsilo
2.Wakil Bidang Umum          : Imam Slamet
3.Wakil Bidang Dakwah       : Bambang Purwanto
4.Anggota                          : Junaidi


c.  Seksi Perawatan dan Pemeliharaan Masjid
1.Koordinator                     : Mulyo
2.Anggota                          : Aribowo
3.Anggota                          : H. Zainal Abidin

d. Seksi Keamanan
1.Koordinator                     : Taufik Hidayat
2.Anggota                          : Mujiono

e. Seksi Wanita
1.Koordinator                     : Ibu Hj. Nur Hasanah Didik R.
2.Anggota                          : Ibu Hj. Ani Bambang Setiawan
3.Anggota                          : Ibu Hj. Endang Priyatmoko
4.Anggota                          : Ibu Hj. Sholihah Rosdiana Kasrowi
5.Anggota                          : Ibu Hj. Endang Muchlas
6.Anggota                          : Ibu Hj. Rosyunah M. Chaerun
7.Anggota                          : Ibu Hj. Yuli Arifin
8.Anggota                          : Ibu Jamaludin
9.Anggota                          : Ibu Dyah Nurbawono
10.Anggota                        : Ibu Mimin Khusaini
11.Anggota                        : Ibu Hamidah Riswanto
12.Anggota                        : Ibu Hj. Mulat Andi Eko
13.Anggota                        : Ibu Fatchur Rachman
    -


B.URAIAN TUGAS
   a. Ketua
      1. Memimpin dan mengendalikan kegiatan.
       2. Melaksanakan program yayasan diamanahkan kepada pengurus Takmir.
      3. Menandatangani surat-surat penting.
      4. Mengatasi permasalahan kepengurusan Takmir.
      5. Mengevaluasi semua kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus.
       6. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan seluruh kegiatan Takmir kepada Yayasan.

   b.  Sekretaris
        1. Mewakili Ketua dan Wakil Ketua apabila berhalangan hadir dan tidak berada di tempat.
        2.  Melaksanakan administrasi surat menyurat.
        3.  Membuat dan mendistribusikan undangan.
       4.  Membuat daftar hadir, notulen rapat/pertemuan.
       5.  Membuat dan menyusun laporan akhir kegiatan.
        6.   Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua

   c.  Bendahara
        1. Menerima dan menyimpan dana yang diperoleh dari infaq (infaq sholat jum’at, infaq di lokasi tertentu, infaq romdlon, infaq sholat Id dll).
       2. Mengeluarkan dana sesuai dengan pengajuan permohonan (baik rutin maupun isidentil)
       3. Menyiapkan uang transport Imam/Khotib, penceramah.
       4. Menyimpan surat bukti penerimaan dan pengeluaran.
       5. Membuat laporan secara periodic kepada yayasan.

   d.  Seksi Dakwah & PHBI
        1. Menyusun Jadual Sholat Jum’at.
        2. Mencari dan menentukan Imam/Khotib Sholat Jum’at
        3. Menyusun Jadual Sholat tarowih.
        4. Mencari dan menentukan Imam/Penceramah Sholat Tarowih.
        5. Menyusun jadual imam sholat Rowatib.
        6. Menyusun Jadual Ceramah Agama Ahad Pagi.
 7. Mencari penceramah untuk pengajian umum memperingati hari besar Islam.
 8.  Merencanakan kegiatan sholat Qiyamul Lail.
 9.  Merencanakan dan melaksanakan kegiatan dakwah
       10. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan peringatan hari besar Islam.
      11. Mengkoordinir kegiatan sosial dan bakti masyarakat.
      12. Merencanakan penanganan zakat dan qurban.

   e.    Seksi Sosial dan Umum
1. Mengkoordinir kegiatan kunjungan jamaah yang tertimpa musibah sakit.
2. Mengkoordinir kegiatan sinoman.
3. Mengkoordinir kegiatan pelaksanaan akad nikah.
4. Mengkoordinir kegiatan bakti sosial ke panti asuhan-panti jompo.
5. Program bantuan/santunan kepada jamaah yang kekurangan dan tertimpa musibah.
6.  Mengkoordinir palaksanaan kerja bakti masjid.
7.  Program bantuan bea siswa
8.  Kunjungan ke daerah tertinggal
9.  Santunan mualaf dan sabilillah.
10.Pendataan para fakir miskin,janda jompo, lansia dsb
11.Pelaksanaan kegiatan sosial lainnya.

f.      Seksi Perawatan dan Pemeliharaan Masjid
1. Mendata sarana prasarana yang mulai rusak.
2. Melakukan kontrol kebersihan masjid
3. Pemeliharaan sarana prasarana masjid.
4.Perawatan sarana prasarana masjid.
5.Menjaga kebersihan sarana prasarana masjid.
6.Menjaga kebersihan lingkungan masjid.
7.Menginventarisis sarana prasarana masjid.
8.Pendataan sarana prasarana yang rusak
9.mengajukan permohonan penggantian sarana prasarana.
10.melaksanakan perawatan dan pemeliharaan masjid.

g.                                               Seksi Keamanan
1.Menyusun sistem keamanan masjid.
2.Membantu keamanan kegiatan-kegiatan masjid.
3.Bekerja sama dengan seksi keamanan disekitar lingkungan masjid.
4.Kegiatan lain yang berhubungan dengan keamanan masjid dan lingkungannya.

i.             Seksi Wanita
     Membantu Seksi Dakwah dan Seksi PHBI-Sosial  dalam merealisasikan program-programnya.




C.PROGRAM KEGIATAN
   1. Program  Seksi Dakwah
       1.1. Kegiatan Ibadah rutin ( sholat-sholat fardlu dll)
       1.2. Qiyamul Lail (Sholat Tasbih, Sholat Hajat, Sholat Tahajud) pada  hari Ahad terakhir setiap bulan.
       1.3. Pengajian Umum dalam rangka peringatan hari besar  Islam
       1.4. Penjadwalan Khotib/Imam Sholat Jum’at, sholat Id.
       1.5. Penjadwalan Imam/Penceramah Sholat Tarowih.
       1.6.  Penjadwalan Kegiata Tadarus
       1.7.  Penjadwalan Pengajian Ahad Pagi (Kuliah Subuh)
       1.8.  Bersama Seksi Wanita menyusun Jadual Takjil bulan Romadlon
       
      Program Seksi PHBI
       1.1   Melaksanakan  peringatan  Hari  Besar Islam  ( Tahun  Baru Hijriyah, Maulud Nabi, Isra’ Mi’raj, Romadlon/Idul Fitri, Idul Adha ).
       1.2.  Pelaksanaan kegiatan yang  bersifat sosial ( mengunjungi jamaah yang sakit, pelaksanaan  akad nikah, kerja bakti dll ).
       1.3. Mengkoordinir kegiatan zakat fitrah dan penyembelihan ternak qurban.

2.      Program Seksi Sosial dan Umum
2.1. Kunjungan jamaah sakit
2.2. Kunjungan jamaah meninggal
2.3. Kerja bakti masjid
2.4. Bakti Sosial ke Panti Asuhan dan Panti Jompo
2.5. Pemberian bea siswa ke jamaah.
2.6. Bakti Sosial donor darah
2.7. Pemberian modal kerja bagi jamaah miskin
2.8. Bersama Sie Dakwah & PHBI serta Sie Wanita melaksanakan buka puasa bersama dengan para yatim piatu.
2.9. Pemasangan Wifi
2.10. Melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

3.      Program Perawatan dan Pemeliharaan Masjid.
3.1. Melakukan perawatan dan pemeliharaan masjid.
3.2. Secara periodik melaksanakan kerjabakti membersihkan dan merawat sarana prasarana masjid.
3.3. Pengadaan sarana prasarana masjid.
3.4. Secara berkala melakukan pergantian sarana prasarana yang sudah rusak.

4.      Program Seksi Keamanan
4.1. Membuat sistem kemanan lingkungan sekitar masjid.
4.2. pengaadaan CCTV.
4.3  Kerjasama dengan Seksi Keamanan RT 38 dan RW XI.
4.4. Membantu keamanan pada pelaksanaan kegiatan-kegiatan di masjid.

5.      Program Seksi Wanita
         Membantu setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Dakwah dan Seksi PHBI
      
Secara terperinci Laporan Kegiatan kami sampaikan dalam Lampiran Memoar ini.






BAB III

PERMASALAHAN DAN EVALUASI

A.       PERMASALAHAN
1.    Selama ini lebih banyak pekerjaan administrasi dilakukan dengan bantuan perangkat komputer pribadi para pengurus. Ke depan perlu dipikirkan perlatan komputer lengkap dengan printer sebagai sarana bekerja baik untuk Takmir maupun untuk Yayasan.

2.    Pendokumentasian  dalam bentuk visual (misal foto, film dll) untuk kegiatan Takmir belum tertata dengan baik (belum ada).

3.    Terbatasnya dana yang ada terutama dari infaq sholat Jum’at, membuat beberapa kegiatan pengajian sempat dikurangi frekuensinya.

4.    Kegiatan pembangunan masjid sedikit banyak membawa dampak kepada kelancaran kegiatan karena sebagian besar dana terfokus untuk pembangunan.

5.    Kesibukan pengurus (baik pengurus yayasan maupun takmir) sedikit banyak menjadi kendala tersendiri bagi pengembangan Masjid AN-NUR khususnya pelaksanaan rutinitas kegiatan dan program kerjanya.




B.       EVALUASI – USUL/SARAN
      1. Agar kepengurusan Takmir dapat semakin tumbuh dan berkembang serta mampu memenuhi harapan semua pihak khususnya harapan Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR maka perlu adanya regenerasi anggota Pengurus Takmir. Dalam hal ini perlu kiranya memberikan kesempatan kepada jamaah Masjid AN-NUR yang aktif, yang mempunyai kemampuan yang baik khususnya dalam bidang agama serta mempunyai cukup waktu untuk ikut mengurusi masjid, maka kepada mereka sudah saatnya untuk  diberikan kesempatan  menggantikan Pengurus Harian dan Seksi, paling tidak untuk menggantikan mereka  yang  sudah menjabat selama minimal  2 (dua) periode.

     2. Seksi Wanita yang terdiri dari para Ketua PKK masing-masing RT telah memberikan kontribusi yang cukup baik bagi perjalanan Takmir dalam melaksanakan berbagai aktifitasnya.

2.   Kerjasama dengan TPQ AN-NUR sebagai sesama Badan Otonom Yayasan Masjid AN-NUR sudah berjalan cukup baik.

3.  Kedepan, anggota Takmir harus merata dari semua RT yang ada. Dari pengamatan, ada beberapa jamaah dari warga RT 38 dan Tropodo Indah yang mempunyai kapabilitas dan kredibilitas yang cukup baik, hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk dapat diangkat menjadi anggota pengurus Takmir Masjid AN-ANUR periode 2015-2018.

4.  Pembinaan kepada Remas perlu digalakkan lagi dan dilakukan secara lebih aktif oleh Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR sehingga nantinya Pengurus dan Anggota Remas dapat bekerjasama dengan Badan Otonom lainnya seperti dengan Takmir Masjid AN-NUR dan TPQ AN-NUR.

  1. Kedepan kegiatan Takmir sudah harus lebih variatif dan ditingkatkan kualitasnya. Kegiatan tidak hanya berupa kegiatan rutin dan peringatan hari besar keagamaan saja tetapi kegiatan yang bertujuan menambah wawasan keilmuan agama ( kajian-kajian Al Quran,Hadist dan Tafsir serta bedah buku  dan diskusi-diskusi keagamaan dll) , kegiatan yang bersifat sosial (bakti masyarakat, kunjungan kepada jamaah yang mengalami musibah dll) maupun kegiatan yang di alam terbuka yang bertujuan untuk rekreatif, syiar dan memperkuat ukhuwah  ( misal : ziarah wali, wisata religi atau out bond  keagamaan dll ) perlu direncanakan bahkan kalau diperlukan kegiatan semacam seni budaya juga perlu direncakan dan digiatkan ( misal: seni hadrah, qusidah, marawis, patrol , band,  dll). Mungkin perlu kita renungkan bersama-sama  ungkapan berikut ini : “ Dengan Agama hidup semakin  terarah, dengan ilmu hidap akan menjadi lebih mudah dan dengan seni hidup akan kian indah.

  1. Rapat-rapat pengurus secara periodik perlu dilakukan (missal : rapat periodic setiap  satu bulan atau tiga bulan serta rapat pleno satu tahun sekali dll), tujuannya untuk mengevaluasi  kegiatan yang lalu dan rencana kegiatan kedepan serta yang lebih penting dengan setiap periodic berkumpul akan dapat  menumbuhkan semangat untuk tetap berkomitmen mengurusi masjid disamping tentunya untuk lebih mempererat rasa kebersamaan sesama anggota pengurus.


  1. Kedepan Seksi Wanita harus lebih mandiri. Seksi Wanita tidak sekedar pelengkap saja, tetapi harus mampu berperan aktif seperti Seksi Dakwah dan Seksi PHBI. Seksi Wanita harus mempunyai program kerja sendiri.

  1. Sebagai wacana, kedepan perlu kiranya Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR bersedia mempelajari  undang-undang  (UU)  tentang Yayasan yaitu Undang-Undang nomor 16 Tahun 2001 dan Pembaharuan Undang-Undang Yayasan Nomor 28 Tahun 2004. Dalam pemahaman kami, dengan menerapkan undang-undang tersebut diharapkan terbentuk yayasan dengan seluruh badan otonom yang lebih baik.

  1. Mulai dilakukan regenerasi kepengurusan. Untuk yang awalnya perlu adanya pengkaderan untuk seluruh komponen yayasan.

    


















BAB IV

P E N U T U P

Untuk mewujudkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan, tentunya dibutuhkan kemampuan, kemauan dan keikhlasan berbagai pihak dalam menjalankan amanah ini. Takmir Masjid AN-NUR sebagai Badan Otonom dari Yayasan Masjid AN-NUR telah berusaha dan merupaya secara maksimal untuk menjalankan tugas yang diamanahkan pihak yayasan khususnya dan jamaah pada umumnya. Hasil yang telah kami capai selama periode kepengurusan kami ini, tentunya belum bisa memberikan rasa puas semua pihak, tetapi paling tidak apa yang telah kami hasilkan ini bisa memberikan warna sekaligus dapat menjadikan momentum yang penting bagi semakin makmur dan  semaraknya Masjid AN-NUR  sebagai tempat ibadah, sarana belajar dan bermusyawarah.
Kami menyadari bahwa apa yang hasilkan ini masih jauh dari sempurna, dan tentu saja masih banyak kekurangannya, oleh karena itu, sumbang saran, kritik dan masukan yang bersifat membangun dari berbagai pihak, sangat kami harapkan, bukan saja buat kami pribadi tetapi juga buat kepengurusan mendatang.
 Akhirnya dengan mengucap terima kasih dan puji syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, kami serahkan kembali mandat kepengurusan ini kepada Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR.

Semoga Allah SWT meridloi kita bersama.

Amin ya Robbal Allamin.
                                                Tropodo,   Mei 2015





KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN OLEH PENGURUS TAKMIR PERIODE 2012-2015
1.             KEGIATAN SHOLAT ROWATIB
2.             KEGIATAN SHOLAT JUM’AT
3.             KEGIATAN KULIAH SUBUH  TIAP HARI AHAD
4.             KEGIATAN QIYAMUL  LA’IL
5.             KEGIATAN SHOLAT TAROWIH DAN CERAMAH AGAMA
6.             KEGIATAN SHOLAT IED
7.             KEGIATAN PENGKOORDINASIAN TAKJIL DAN  KONSUMSI TADARUS
8.             KEGIATAN MENERIMA DAN MENYALURKAN ZAKAT FITRAH/MAAL
9.             KEGIATAN MENERIMA DAN MENYALURKAN DAGING QURBAN
10.         KEGIATAN PHBI
A.     ROMADLON-IDUL FITRI
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1433 H/2012 M : Ust. Nur Rohman, SAg
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1434 H/2013 M : Ust. Drs. H. Ahmad Faisol
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1435H/2014 M  : Ust.Drs.H. Moh.Amin Gufron
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1436H/2015 M  : Ust. Drs. H. Zainury

B.      IDUL ADHA
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1433 H/2012 M : Ust. H. Moh. Ashar, S.Pd.I
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1434 H/2013 M : Ust. Dr. Haryono
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1435 H/2014 M : Ust. Drs.H.Imam Syailendra
-          Khotib/Imam Sholat Id Tahun 1436 H/2015 M : Ust. Drs. H. Abdul Basith Junaidi,MAg

C.      KEGIATAN TAHUN BARU ISLAM
-          Kegiatan Jalan Sehat Tahun Baru Hijriyah 1434 H,pada hari : Ahad tanggal 25 November 2012.

D.     KEGIATAN PENGAJIAN UMUM
-          Ceramah agama memperingati Isra’ Mi’raj tahun 1435 H pada hari Jum’at tanggal 30 Mei 2014 dengan penceramah : ust. Bangun Samudra.
-          Ceramah agama memperingati Maulid Nabi tahun 1435 H, pada hari Rabu, 14 Januari 2015 dengan penceramah : Ust. Prof.DR. KH. Ahmad Sahro, MA

11.         KEGIATAN-KEGIATAN LAIN
-          PRESENTASI
Presentasi tentang mesencephalon activation dan field block anesthesia pada hari ahad, 27 Januari 2013 oleh Klinik Bedah Surabaya (KLIBS) jl. Ngagel Wasana 39

-          KUNJUNGAN KEPADA JAMAAH YANG SAKIT

Ketua Takmir,


HM. RIFAI’



 



Tidak ada komentar: