MEMORANDUM
LAPORAN
PERTANGGUNGJAWABAN
TAKMIR
MASJID AN-NUR
TROPODO
– WARU - SIDOARJO
PERIODE
TAHUN 2012-2015
TROPODO ASRI BLOK F/37
WARU – SIDOARJO
TELP. (031) 8683892
BAB I
PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum Wr.
Wb.
Puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga Buku
Memorandum Laporan Pertanggungjawaban ini dapat tersusun meskipun dalam bentuk yang sederhana.
Maksud dan
tujuan disusunnya buku ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban Takmir periode
2012-2015 tugas yang telah diamanahkan oleh jamaah
khususnya Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR kepada kami yang sesuai rencana telah
berakhir pada bulan Mei
2015 ini.
Terima kasih kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan ridlo, barokah serta kesehatan baik jasmani maupun rohani kepada
kami sehingga kami dapat menjalankan roda kepengurusan serta melaksanakan
berbagai program kegiatan yang telah kami rencanakan dengan baik dan lancar.
Seluruh jajaran Takmir Masjid AN-NUR telah berusaha dan
berupaya semaksimal mungkin agar dapat menjalankan amanah yang dipercayakan
kepada kami. Beragam kegiatan keagamaan telah kami programkan dan sudah kami
laksanakan bersama-sama dengan Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR dan para jamaah.
Kami juga menyadari bahwa sebagai manusia biasa tentunya kami jauh dari
kesempurnaan sehingga dalam perjalanan terdapat beberapa kegiatan yang belum
terlaksana dengan baik, oleh karena itu perkenankan dengan ini kami mohon maaf
yang sebesar-besarnya.
Sebagai manusia biasa dengan segala keterbatasan yang ada,
tentunya kami tidak dapat menjalankan seluruh amanah yang dipercayakan kepada
kami tersebut tanpa bantuan dan dukungan berbagai pihak. Dengan ini perkenankan
pula kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Yth.
Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR Tropodo
2.
Yth.
Pimpinan, Staf dan para santri TPQ AN-NUR Tropodo
3.
Yth.
Pengurus RW dan RT di sekitar Masjid AN-NUR Tropodo
4.
Yth.
Jamaah Masjid AN-NUR Tropodo
5.
Yth.
Masyarakat Tropodo dan sekitarnya.
Kami menyadari
bahwa tanpa dukungan dan partisipasi mereka, seluruh program yang sudah kami
susun, akan berjalan sia-sia dan tidak akan memberikan hasil yang maksimal.
Selanjutnya
dalam Buku Memorandum ini, kami membagi pertanggungjawaban kami dalam beberapa
bab dan lampiran yang terdiri dari :
·
BAB
I : Pendahuluan
·
BAB
III : Kepengurusan, Uraian
Tugas dan Program Kegiatan
·
BAB
IV : Permasalahan dan
Evaluasi
·
BAB
V : Penutup
·
Lampiran : 1. Laporan Keuangan
2. SK Takmir
Periode 2012-2015
Dengan
penyusunan Buku Memorandum ini, kami harapkan berbagai pihak dapat mengetahui
seluruh kegiatan yang telah kami laksanakan selama periode kepengurusan kami.
Selanjutnya dapat memahami permasalahan yang timbul dan ikut serta memberikan
evaluasi serta berkenan memberikan kritik dan saran yang nantinya bisa menjadi
masukan yang bermanfaat, baik untuk kami maupun buat kepengurusan periode yang
akan datang.
Atas
perhatiannya kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Tropodo, Mei 2015
Ketua
H.
MOCH.RIFAI’
BAB
II
KEPENGURUSAN,
URAIAN TUGAS
DAN
PROGRAM KEGIATAN
A.
KEPENGURUSAN
Takmir Masjid
AN-NUR Periode 2012-2015 bertugas sesuai dengan
Surat Keputusan Yayasan Masjid AN-NUR nomor : 003/SK. Takmir/YMA/05/2015 tanggal 24 Mei 2012, dengan Susunan sebagai
berikut :
·
Ketua : H.M. Rifai
·
Wakil
Ketua : H.M. Nafi’
·
Sekretaris : Yudi Basuki R
·
Bendahara
: Bambang Eko Rusdiono
·
Seksi-seksi
:
a. Seksi Dakwah dan PHBI
1.Koordinator : M.
Nurbawono
2.Wakil Bidang Dakwah :
H. Ardy Iswahyudi
3.Wakil Bidang PHBI : Abdul
Adhim
4.Anggota :
H. Nur Khusaini
5.Anggota :
H. Fajar Suryono
6.Anggota :
H. Ruslan Abdul Gani
b. Seksi Sosial dan Umum
1.Koordinator : Kuslan
Darsilo
2.Wakil Bidang Umum :
Imam Slamet
3.Wakil Bidang Dakwah :
Bambang Purwanto
4.Anggota :
Junaidi
c. Seksi Perawatan dan Pemeliharaan Masjid
1.Koordinator :
Mulyo
2.Anggota :
Aribowo
3.Anggota :
H. Zainal Abidin
d. Seksi Keamanan
1.Koordinator : Taufik
Hidayat
2.Anggota :
Mujiono
e. Seksi Wanita
1.Koordinator : Ibu Hj. Nur Hasanah Didik R.
2.Anggota :
Ibu Hj. Ani Bambang Setiawan
3.Anggota :
Ibu Hj. Endang Priyatmoko
4.Anggota : Ibu Hj. Sholihah Rosdiana Kasrowi
5.Anggota :
Ibu Hj. Endang Muchlas
6.Anggota :
Ibu Hj. Rosyunah M. Chaerun
7.Anggota :
Ibu Hj. Yuli Arifin
8.Anggota :
Ibu Jamaludin
9.Anggota :
Ibu Dyah Nurbawono
10.Anggota :
Ibu Mimin Khusaini
11.Anggota :
Ibu Hamidah Riswanto
12.Anggota :
Ibu Hj. Mulat Andi Eko
13.Anggota :
Ibu Fatchur Rachman
-
B.URAIAN TUGAS
a. Ketua
1. Memimpin dan mengendalikan
kegiatan.
2. Melaksanakan program yayasan
diamanahkan kepada pengurus Takmir.
3. Menandatangani surat-surat penting.
4. Mengatasi permasalahan kepengurusan
Takmir.
5. Mengevaluasi semua kegiatan yang
dilaksanakan oleh pengurus.
6.
Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan seluruh kegiatan Takmir
kepada Yayasan.
b. Sekretaris
1. Mewakili Ketua dan Wakil Ketua
apabila berhalangan hadir dan tidak berada di tempat.
2.
Melaksanakan administrasi surat menyurat.
3.
Membuat dan mendistribusikan undangan.
4.
Membuat daftar hadir, notulen rapat/pertemuan.
5.
Membuat dan menyusun laporan akhir kegiatan.
6. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan
pelaksanaan tugas kepada Ketua
c. Bendahara
1. Menerima dan menyimpan dana yang
diperoleh dari infaq (infaq sholat jum’at, infaq di lokasi tertentu, infaq
romdlon, infaq sholat Id dll).
2. Mengeluarkan dana sesuai dengan
pengajuan permohonan (baik rutin maupun isidentil)
3. Menyiapkan uang transport
Imam/Khotib, penceramah.
4.
Menyimpan surat bukti penerimaan dan pengeluaran.
5. Membuat laporan secara periodic
kepada yayasan.
d. Seksi Dakwah
& PHBI
1. Menyusun Jadual Sholat Jum’at.
2. Mencari dan menentukan Imam/Khotib
Sholat Jum’at
3. Menyusun Jadual Sholat tarowih.
4. Mencari dan menentukan Imam/Penceramah Sholat
Tarowih.
5. Menyusun jadual imam sholat Rowatib.
6. Menyusun Jadual Ceramah Agama Ahad Pagi.
7. Mencari penceramah
untuk pengajian umum memperingati hari besar Islam.
8. Merencanakan kegiatan sholat Qiyamul Lail.
9. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan dakwah
10. Merencanakan dan melaksanakan
kegiatan peringatan hari besar Islam.
11. Mengkoordinir kegiatan
sosial dan bakti masyarakat.
12.
Merencanakan penanganan zakat dan qurban.
e. Seksi
Sosial dan Umum
1. Mengkoordinir kegiatan kunjungan jamaah yang tertimpa
musibah sakit.
2. Mengkoordinir kegiatan sinoman.
3. Mengkoordinir kegiatan pelaksanaan akad nikah.
4. Mengkoordinir kegiatan bakti sosial ke panti
asuhan-panti jompo.
5. Program bantuan/santunan kepada jamaah yang kekurangan
dan tertimpa musibah.
6. Mengkoordinir
palaksanaan kerja bakti masjid.
7. Program bantuan
bea siswa
8. Kunjungan ke
daerah tertinggal
9. Santunan mualaf
dan sabilillah.
10.Pendataan para fakir miskin,janda jompo, lansia dsb
11.Pelaksanaan kegiatan sosial lainnya.
f.
Seksi Perawatan
dan Pemeliharaan Masjid
1.
Mendata sarana prasarana yang mulai rusak.
2.
Melakukan kontrol kebersihan masjid
3. Pemeliharaan
sarana prasarana masjid.
4.Perawatan
sarana prasarana masjid.
5.Menjaga
kebersihan sarana prasarana masjid.
6.Menjaga
kebersihan lingkungan masjid.
7.Menginventarisis
sarana prasarana masjid.
8.Pendataan
sarana prasarana yang rusak
9.mengajukan
permohonan penggantian sarana prasarana.
10.melaksanakan
perawatan dan pemeliharaan masjid.
g.
Seksi Keamanan
1.Menyusun
sistem keamanan masjid.
2.Membantu
keamanan kegiatan-kegiatan masjid.
3.Bekerja sama dengan seksi keamanan disekitar lingkungan
masjid.
4.Kegiatan lain yang berhubungan dengan keamanan masjid
dan lingkungannya.
i.
Seksi Wanita
Membantu Seksi Dakwah dan Seksi
PHBI-Sosial dalam merealisasikan
program-programnya.
C.PROGRAM
KEGIATAN
1. Program Seksi Dakwah
1.1. Kegiatan Ibadah rutin (
sholat-sholat fardlu dll)
1.2. Qiyamul Lail (Sholat Tasbih, Sholat
Hajat, Sholat Tahajud) pada hari Ahad
terakhir setiap bulan.
1.3. Pengajian Umum dalam rangka
peringatan hari besar Islam
1.4. Penjadwalan Khotib/Imam Sholat
Jum’at, sholat Id.
1.5. Penjadwalan Imam/Penceramah Sholat
Tarowih.
1.6.
Penjadwalan Kegiata Tadarus
1.7.
Penjadwalan Pengajian Ahad Pagi (Kuliah Subuh)
1.8.
Bersama Seksi Wanita menyusun Jadual Takjil bulan Romadlon
Program
Seksi PHBI
1.1 Melaksanakan
peringatan Hari Besar Islam ( Tahun Baru Hijriyah, Maulud Nabi, Isra’ Mi’raj,
Romadlon/Idul Fitri, Idul Adha ).
1.2. Pelaksanaan kegiatan yang bersifat sosial ( mengunjungi jamaah yang sakit,
pelaksanaan akad nikah, kerja bakti dll
).
1.3. Mengkoordinir kegiatan zakat fitrah
dan penyembelihan ternak qurban.
2. Program Seksi Sosial dan Umum
2.1.
Kunjungan jamaah sakit
2.2.
Kunjungan jamaah meninggal
2.3.
Kerja bakti masjid
2.4.
Bakti Sosial ke Panti Asuhan dan Panti Jompo
2.5.
Pemberian bea siswa ke jamaah.
2.6.
Bakti Sosial donor darah
2.7.
Pemberian modal kerja bagi jamaah miskin
2.8. Bersama Sie Dakwah & PHBI serta Sie Wanita
melaksanakan buka puasa bersama dengan para yatim piatu.
2.9. Pemasangan Wifi
2.10. Melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.
3. Program Perawatan dan Pemeliharaan Masjid.
3.1.
Melakukan perawatan dan pemeliharaan masjid.
3.2. Secara periodik melaksanakan kerjabakti membersihkan
dan merawat sarana prasarana masjid.
3.3. Pengadaan sarana prasarana masjid.
3.4. Secara berkala melakukan pergantian sarana prasarana
yang sudah rusak.
4. Program Seksi Keamanan
4.1.
Membuat sistem kemanan lingkungan sekitar masjid.
4.2.
pengaadaan CCTV.
4.3 Kerjasama dengan Seksi Keamanan RT 38 dan RW
XI.
4.4.
Membantu keamanan pada pelaksanaan kegiatan-kegiatan di masjid.
5. Program
Seksi Wanita
Membantu setiap kegiatan yang
dilaksanakan oleh Seksi Dakwah dan Seksi PHBI
Secara terperinci Laporan
Kegiatan kami sampaikan dalam Lampiran Memoar ini.
BAB
III
PERMASALAHAN DAN EVALUASI
A. PERMASALAHAN
1.
Selama
ini lebih banyak pekerjaan administrasi dilakukan dengan bantuan perangkat komputer
pribadi para pengurus. Ke depan perlu dipikirkan perlatan komputer lengkap
dengan printer sebagai sarana bekerja baik untuk Takmir maupun untuk Yayasan.
2.
Pendokumentasian
dalam bentuk visual (misal foto, film
dll) untuk kegiatan Takmir belum tertata dengan baik (belum ada).
3.
Terbatasnya
dana yang ada terutama dari infaq sholat Jum’at, membuat beberapa kegiatan
pengajian sempat dikurangi frekuensinya.
4.
Kegiatan
pembangunan masjid sedikit banyak membawa dampak kepada kelancaran kegiatan
karena sebagian besar dana terfokus untuk pembangunan.
5.
Kesibukan
pengurus (baik pengurus yayasan maupun takmir) sedikit banyak menjadi kendala
tersendiri bagi pengembangan Masjid AN-NUR khususnya pelaksanaan rutinitas
kegiatan dan program kerjanya.
B. EVALUASI
– USUL/SARAN
1. Agar kepengurusan Takmir dapat
semakin tumbuh dan berkembang serta mampu memenuhi harapan semua pihak
khususnya harapan Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR maka perlu adanya regenerasi
anggota Pengurus Takmir. Dalam hal ini perlu kiranya memberikan kesempatan
kepada jamaah Masjid AN-NUR yang aktif, yang mempunyai kemampuan yang baik khususnya
dalam bidang agama serta mempunyai cukup waktu untuk ikut mengurusi masjid,
maka kepada mereka sudah saatnya untuk diberikan kesempatan menggantikan Pengurus Harian dan Seksi,
paling tidak untuk menggantikan mereka
yang sudah menjabat selama minimal
2 (dua) periode.
2. Seksi Wanita yang terdiri dari
para Ketua PKK masing-masing RT telah memberikan kontribusi yang cukup baik
bagi perjalanan Takmir dalam melaksanakan berbagai aktifitasnya.
2.
Kerjasama dengan TPQ AN-NUR
sebagai sesama Badan Otonom Yayasan Masjid AN-NUR sudah berjalan cukup baik.
3.
Kedepan,
anggota Takmir harus merata dari semua RT yang ada. Dari pengamatan, ada
beberapa jamaah dari warga RT 38 dan Tropodo Indah yang mempunyai kapabilitas
dan kredibilitas yang cukup baik, hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk
dapat diangkat menjadi anggota pengurus Takmir Masjid AN-ANUR periode 2015-2018.
4.
Pembinaan
kepada Remas perlu digalakkan lagi dan dilakukan secara lebih aktif oleh
Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR sehingga nantinya Pengurus dan Anggota Remas
dapat bekerjasama dengan Badan Otonom lainnya seperti dengan Takmir Masjid
AN-NUR dan TPQ AN-NUR.
- Kedepan kegiatan Takmir sudah harus lebih variatif dan ditingkatkan kualitasnya. Kegiatan tidak hanya berupa kegiatan rutin dan peringatan hari besar keagamaan saja tetapi kegiatan yang bertujuan menambah wawasan keilmuan agama ( kajian-kajian Al Quran,Hadist dan Tafsir serta bedah buku dan diskusi-diskusi keagamaan dll) , kegiatan yang bersifat sosial (bakti masyarakat, kunjungan kepada jamaah yang mengalami musibah dll) maupun kegiatan yang di alam terbuka yang bertujuan untuk rekreatif, syiar dan memperkuat ukhuwah ( misal : ziarah wali, wisata religi atau out bond keagamaan dll ) perlu direncanakan bahkan kalau diperlukan kegiatan semacam seni budaya juga perlu direncakan dan digiatkan ( misal: seni hadrah, qusidah, marawis, patrol , band, dll). Mungkin perlu kita renungkan bersama-sama ungkapan berikut ini : “ Dengan Agama hidup semakin terarah, dengan ilmu hidap akan menjadi lebih mudah dan dengan seni hidup akan kian indah.
- Rapat-rapat pengurus secara periodik perlu dilakukan (missal : rapat periodic setiap satu bulan atau tiga bulan serta rapat pleno satu tahun sekali dll), tujuannya untuk mengevaluasi kegiatan yang lalu dan rencana kegiatan kedepan serta yang lebih penting dengan setiap periodic berkumpul akan dapat menumbuhkan semangat untuk tetap berkomitmen mengurusi masjid disamping tentunya untuk lebih mempererat rasa kebersamaan sesama anggota pengurus.
- Kedepan Seksi Wanita harus lebih mandiri. Seksi Wanita tidak sekedar pelengkap saja, tetapi harus mampu berperan aktif seperti Seksi Dakwah dan Seksi PHBI. Seksi Wanita harus mempunyai program kerja sendiri.
- Sebagai wacana, kedepan perlu kiranya Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR bersedia mempelajari undang-undang (UU) tentang Yayasan yaitu Undang-Undang nomor 16 Tahun 2001 dan Pembaharuan Undang-Undang Yayasan Nomor 28 Tahun 2004. Dalam pemahaman kami, dengan menerapkan undang-undang tersebut diharapkan terbentuk yayasan dengan seluruh badan otonom yang lebih baik.
- Mulai dilakukan regenerasi kepengurusan. Untuk yang awalnya perlu adanya pengkaderan untuk seluruh komponen yayasan.
BAB
IV
P
E N U T U P
Untuk
mewujudkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan, tentunya dibutuhkan
kemampuan, kemauan dan keikhlasan berbagai pihak dalam menjalankan amanah ini.
Takmir Masjid AN-NUR sebagai Badan Otonom dari Yayasan Masjid AN-NUR telah
berusaha dan merupaya secara maksimal untuk menjalankan tugas yang diamanahkan
pihak yayasan khususnya dan jamaah pada umumnya. Hasil yang telah kami capai
selama periode kepengurusan kami ini, tentunya belum bisa memberikan rasa puas
semua pihak, tetapi paling tidak apa yang telah kami hasilkan ini bisa
memberikan warna sekaligus dapat menjadikan momentum yang penting bagi semakin
makmur dan semaraknya Masjid AN-NUR sebagai tempat ibadah, sarana belajar dan
bermusyawarah.
Kami menyadari
bahwa apa yang hasilkan ini masih jauh dari sempurna, dan tentu saja masih banyak
kekurangannya, oleh karena itu, sumbang saran, kritik dan masukan yang bersifat
membangun dari berbagai pihak, sangat kami harapkan, bukan saja buat kami
pribadi tetapi juga buat kepengurusan mendatang.
Akhirnya dengan mengucap terima kasih dan puji
syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, kami serahkan kembali mandat
kepengurusan ini kepada Pengurus Yayasan Masjid AN-NUR.
Semoga Allah
SWT meridloi kita bersama.
Amin ya Robbal Allamin.
Tropodo, Mei 2015
KEGIATAN-KEGIATAN
YANG DILAKSANAKAN OLEH PENGURUS TAKMIR PERIODE 2012-2015
1.
KEGIATAN
SHOLAT ROWATIB
2.
KEGIATAN
SHOLAT JUM’AT
3.
KEGIATAN
KULIAH SUBUH TIAP HARI AHAD
4.
KEGIATAN
QIYAMUL LA’IL
5.
KEGIATAN
SHOLAT TAROWIH DAN CERAMAH AGAMA
6.
KEGIATAN
SHOLAT IED
7.
KEGIATAN
PENGKOORDINASIAN TAKJIL DAN KONSUMSI
TADARUS
8.
KEGIATAN
MENERIMA DAN MENYALURKAN ZAKAT FITRAH/MAAL
9.
KEGIATAN
MENERIMA DAN MENYALURKAN DAGING QURBAN
10.
KEGIATAN
PHBI
A. ROMADLON-IDUL FITRI
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1433 H/2012 M : Ust. Nur Rohman, SAg
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1434 H/2013 M : Ust. Drs. H. Ahmad Faisol
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1435H/2014 M :
Ust.Drs.H. Moh.Amin Gufron
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1436H/2015 M : Ust. Drs.
H. Zainury
B. IDUL ADHA
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1433 H/2012 M : Ust. H. Moh. Ashar, S.Pd.I
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1434 H/2013 M : Ust. Dr. Haryono
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1435 H/2014 M : Ust. Drs.H.Imam Syailendra
-
Khotib/Imam
Sholat Id Tahun 1436 H/2015 M : Ust. Drs. H. Abdul Basith Junaidi,MAg
C. KEGIATAN TAHUN BARU ISLAM
-
Kegiatan
Jalan Sehat Tahun Baru Hijriyah 1434 H,pada hari : Ahad tanggal 25 November
2012.
D. KEGIATAN PENGAJIAN UMUM
-
Ceramah
agama memperingati Isra’ Mi’raj tahun 1435 H pada hari Jum’at tanggal 30 Mei
2014 dengan penceramah : ust. Bangun Samudra.
-
Ceramah
agama memperingati Maulid Nabi tahun 1435 H, pada hari Rabu, 14 Januari 2015
dengan penceramah : Ust. Prof.DR. KH. Ahmad Sahro, MA
11.
KEGIATAN-KEGIATAN LAIN
-
PRESENTASI
Presentasi
tentang mesencephalon activation dan field block anesthesia pada hari ahad, 27
Januari 2013 oleh Klinik Bedah Surabaya (KLIBS) jl. Ngagel Wasana 39
-
KUNJUNGAN KEPADA JAMAAH YANG SAKIT
Ketua Takmir,
HM. RIFAI’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar